Home » , » Henry Bessemer - Mengembangkan Proses Pertama Pembuatan Baja Murah

Henry Bessemer - Mengembangkan Proses Pertama Pembuatan Baja Murah

Henry Bessemer
Sir Henry Bessemer
Lahir: 19 Januari 1813 Charlton, Hertfordshire, Inggris

Meninggal: 15 Maret 1898 (umur 85) London

Kebangsaan: Inggris

Pendudukan: insinyur dan penemu

Dikenal untuk: Pengembangan alat pembuat baja yang ia beri nama Konvertor Bessemer

Penghargaan: Albert Medal (1872)
Sir Henry Bessemer adalah seorang penemu dan insinyur asal Inggris yang mengembangkan proses pertama pembuatan baja murah pada tahun 1856. Ia merupakan pelopor pengembangan alat pembuat baja yang ia beri nama Konvertor Bessemer. Ia telah mendirikan kota Sheffield sebagai pusat utama manufaktur.

Bessemer telah berusaha untuk mengurangi biaya pembuatan baja untuk persenjataan militer, ia mengembangkan sistem dengan meniupkan oksigen melalui pipa besi untuk menghilangkan kotoran. Hal ini membuat baja lebih mudah dan lebih cepat untuk diproduksi, dan merevolusi teknik struktural. Bessemer juga membuat lebih dari 100 penemuan lain di bidang besi, baja dan kaca. Tidak seperti kebanyakan penemu, ia berhasil membawa proyeknya sendiri sehingga membuahkan hasil dan keuntungan finansial.


Biografi

Henry Bessemer lahir pada 19 Januari 1813 di Charlton, Hertfordshire, Inggris. Ayahnya bernama Anthony, lahir di London, tapi pindah ke Paris saat ia berusia 21 tahun. Dia adalah seorang penemu yang terlibat oleh Paris Mint, membuat mesin untuk membuat medali yang bisa memproduksi baja. Ia menjadi anggota dari Akademi Ilmiah Perancis untuk perbaikan ke mikroskop optik ketika berusia 26 tahun. Dia terpaksa meninggalkan Paris karena Revolusi Perancis, dan kembali ke Inggris. Di sana ia menemukan sebuah proses untuk membuat rantai emas dan berhasil, yang memungkinkan dia untuk membeli real kecil di desa Charlton, dekat Hitchin di Hertfordshire tempat Henry lahir.

Sejak awal Henry Bessemer telah menunjukkan keterampilannya di bidang mekanika dan memiliki daya cipta yang tinggi. Bessemer meninggalkan sekolahnya dan bekerja untuk ayahnya. Pada tahun 1830, ia mendirikan bisnis sendiri di London yang memproduksi seni logam, campuran logam lebur, dan bubuk perunggu. Dia adalah seorang penemu produktif, baik sebelum dan sesudah adanya kontribusi kunci pada industri besi dan baja. Ia menciptakan mesin untuk pembuatan alat tulis dan bekerja pada pembuatan grafit pensil. Pada tahun 1858, Bessemer dan rekan-rekannya mendirikan pabrik baja di Sheffield yang menggunakan bijih fosfor dari Swedia. Pada usia 20, Bessemer menjadi peserta dalam pameran di Akademi Royal. Ia menerima gelar kebangsawanan pada tahun 1879.

Bessemer meninggal Maret 1898 di Denmark Bukit , London. Ia dimakamkan di pemakaman Barat Norwood, London SE27.


Penemuan awal

Penemuan pertama Henry Bessemer adalah serangkaian enam mesin bertenaga uap untuk membuat bubuk perunggu, digunakan dalam pembuatan cat emas. Dalam otobiografinya ia menjelaskan, ia memeriksa bubuk perunggu yang dibuat di Nuremberg yang merupakan satu-satunya tempat yang dibuat pada saat itu. kemudian ia mengembangkan dan meningkatkan produk dan membuatnya mampu membuat pada lini produksi yang sederhana. Itu adalah contoh awal dari reverse engineering di mana produk dianalisis, dan kemudian dibentuk kembali. Proses dirahasiakan, hanya anggota keluarga yang memiliki akses ke pabrik. Ini adalah alternatif yang banyak digunakan untuk paten, dan seperti rahasia dagang yang masih digunakan sampai sekarang. Bubuk Nuremberg yang dibuat dengan tangan, ritel di London untuk £ 5 12 s per pon dan akhirnya ia mengurangi harga untuk setengah mahkota , atau sekitar 1/40. Keuntungan dari penjualan cat memungkinkan dia untuk mengejar penemuan yang lain.

Bessemer mematenkan metode untuk membuat pita kontinu kaca piring pada tahun 1848, tapi itu tidak sukses secara komersial. Ia memperoleh pengalaman dalam merancang tungku, yang adalah sangat bermanfaat untuk proses pembuatan baja baru.


Proses Bessemer

Henry Bessemer bekerja pada masalah manufaktur baja murah untuk produksi persenjataan 1850-1855 ketika ia mematenkan metodenya. Pada tanggal 24 Agustus 1856 Bessemer pertama kali menjelaskan proses untuk pertemuan di British Association di Cheltenham yang berjudul "Industri Besi Tanpa Bahan Bakar. " dan diterbitkan secara penuh di The Times. Proses Bessemer menggunakan oksigen di udara ditiupkan melalui pig iron cair untuk membakar kotoran sehingga menciptakan baja. sebelumnya, James Nasmyth telah bekerja pada ide yang sama dalam beberapa waktu sebelum ini. Sebuah patentor enggan, dan dalam hal ini masih bekerja melalui beberapa masalah dalam metodenya, Nasmyth meninggalkan proyek setelah mendengar Bessemer pada pertemuan tersebut. Bessemer mengakui upaya Nasmyth dengan menawarkan dia sepertiga bagian dari nilai patennya. Nasmyth menolaknya karena ia akan pensiun.

Banyak industri yang dibatasi karena kurangnya baja, yang bergantung pada besi cor dan besi tempa saja. Contohnya termasuk struktur kereta api seperti jembatan dan trek, di mana sifat berbahaya dari besi cor yang dirasakan oleh banyak insinyur dan desainer. Sudah ada banyak kecelakaan terjadi ketika  balok besi tiba-tiba runtuh, seperti bencana jembatan Dee Mei 1847, runtuhnya jembatan Wooton dan kecelakaan jembatan Banteng tahun 1860. Masalahnya terulang di bencana Tay Bridge of 1879, dan kegagalan berlanjut sampai semua besi cor bawah-jembatan digantikan oleh struktur baja.

Meskipun proses ini tidak digunakan lagi secara komersial, namun pada saat ditemukannya penemuan tersebut sangatlah penting bagi industri besar karena menurunkan biaya produksi baja, yang menyebabkan baja menggantikan besi cor secara luas.


Penemuan lain

Bessemer adalah seorang penemu produktif yang memiliki setidaknya 129 paten, mulai dari tahun 1838 sampai 1883, termasuk persenjataan militer, mati bergerak untuk prangko timbul ongkos kirim, ekstruder sekrup untuk mengekstrak gula dari tebu, dan hal lain di bidang besi, baja dan kaca.

Pada tahun 1868, ia merancang SS Bessemer (juga disebut "Bessemer Saloon"), sebuah kapal uap penumpang dengan kabin bertingkat, namun membebaskan penumpang dari m4buk laut. Mekanisme - hidrolik dikontrol oleh jurumudi menonton waterpas - bekerja dalam bentuk Model dan dalam versi trial yang dibangun di kebunnya di Denmark Hill, London. Namun, tidak pernah menerima tes berlayar di laut yang tepat, ketika kapal dibongkar bagian dari dermaga Calais pada pelayaran perdananya, kepercayaan investor telah hilang dan kapal dibatalkan.

Bessemer juga memperoleh paten pada tahun 1857 untuk pengecoran logam antara contrarotating rol